Selasa, 11 Februari 2014

Pengalaman Ganti Final Gear

   Emang pabrikan nge riset final gear ga sembarangan harus banyak pengetesan dan menyesuaikan spek mesin.
  Tapi yg namanya manusia ga pernah ada puasnya n' pengen coba menaikkan/menurunkan final gear sesuai yg diinginkan, termasuk gw, hehehe,,,,
   Motor gw Jupiter Mx 2009

Memang yg gw rasain naek motor ini dengan gearseat standart pabrik berat di awal. Wajar lah spek mesin stroke annya panjang makanya berat di awal.    Iseng2 browsing pengen nyoba gearset aftermarket, alamak banyak banget pilihannye. Trus gw cari lagi akhirnya ketemu juga + alamatnya + petanya, ternyata ga jauh dari rumah gw.
Kira-kira 1 kilometer dari rumah gw. Akhirnye ga mikir panjang langsung coba cari tu alamat, ternyata bener tepat kaya di peta. Langsung transaksi nanya2 dulu harga, ternyata lebih murah dari harga waktu gw browsing. Waktu browsing tercantum harga 400 rb, pas dateng ke TKP cuma 300 rb.    Trus tanpa pikir panjang, gw beli gearset SSS tapi ukuran ga standart pabrik, gear blakang gw gedein 2 mata jadi 41 mata standartnya 39 mata kalo gear depan gw kecilin 1 mata jadi 14 mata standartnya 15 mata. Rantai dikasih yg 120 mata warna Gold. Terpaksa deh motong sendiri tu rantai.
   Besoknya gw pasang, keburu dah ga sabar nyobain gearset baru, hehehe,,,,akhirnya terpasang deh.
Ampe jam 6 sore beres deh, langsung besok pagi brangkat kerja gw tes ternyata enteng juga gear blakang gedein 2 mata, gear depan kecilin 1 mata. Emang sih enteng tapi napas pendek2, kalau topseed sih ga beda jauh ama gear standart mentok 120 kpj itu juga kalo jalanan sepi. Cuma enaknya jarum spedometer kayanye cepet banget naeknya dari 0-100 kpj.    Pernah nyoba berangkat kerja dari Pecenongan ke arah Gajah mada. Dari lampu merah Pecenongan liat Satria FU sama2 mesin standart sekalian nge tes. Lampu ijo gw betot gas langsung ampe triak tu mesin, start gw tingalin jauh die. Dari spion gw liat ya ampun ampe nunduk2 tu orang, gw aja biasa aja dasar abg norak. Udh mau ampe lampu merah Gajah Mada baru merapat dia, ya jelas lah gas gw tutup soalnye gw udh sampe kerjaan gw,wkwkwkwkwkwk,,,,,,,,puas rasanya.    Udah berjalan 6 bulan gw coba gear depan gw standarin lg jadi 15 soalnye pake 14 belakang 41 rasanya ke entengan, jaga2 takut ketemu trek yg panjang. Akhirnya beli gear depan 15 seharga 60 rb. Setelah gw pasang enakan pake 15 daripada 14, napas jadi agak panjang. Baru kepikiran klo power ada di gear depan, salut gw ama pabrikan nge risetnya pas bener.    Tapi masih penasaran klo gw ganti depan 16 gimana ye, akhirnya beli lagi, hahahaha,,,,yg penting puas,,,,
Wow,,,ternyata muat juga tapi serem mepet bgt, ga papalah masih aman ,,,    Gw test ternyata agak berat start nya, tapi yg bikin gw kaget gigi 3 bisa tembus 100 kpj, topspeed nambah tapi dikit soalnye mesin masih standart.    Akhirnya coba2 cukup ampe disitu aja,,,yg penting gw udh ngerasain sendiri, bukan katanya-katanya,,,hahahaha,,,,
   Ampe banyak stok gear depan, hehehe,,,,yahhh,,,itung2 buat pengalaman + hobi gw aje. Itu salah satu pengalaman gw , bukan katanya-katanya dari orang. Tapi gw coba sendiri n' ngrasain sendiri.    Klo sering lewat dari Gajah Mada-Sunter atau Sunter-Gajah Mada via Kemayoran. Itu rute gw tiap hari sama kuda besi gw,,,
   Klo satu rute pasti kita pernah ketemu,,,hahaha,,,,bye,,,bye,,,bye,,,keep smile,,,buat seru-seruan aja.

3 komentar:

  1. bro, mau nanya, itu kalo gear belakang 41 + gear depan 15, jumlah mata rantainya berapa ya?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. yg konsisten terpasang pd OMX tercinta rasio gear brapa kang? 15\41 atau 16\41?

    BalasHapus